Saturday, October 30, 2010

Tips Main Database di SQL

Share pengalaman nih. Kemaren kan ngutak-ngatik database di SQL Server. Celakanya entah lagi sial atau apa, ane malah hapus isi database yang sangat penting. Ampun dah, cepet2 deh minta tolong sama bos ane. ^_^

Untuk balikin datanya kemaren kita harus restore database backup ke database baru yang kosong, kemudian ambil data backup untuk mengisi data yang ane hapus tadi. Jadi trauma main SQL lagi.

So untuk berjaga-jaga, ane punya beberapa trik boleh dibilang warning juga buat ane.
1. Setiap kita ingin menghapus suatu data, sebelumnya harus dilakukan backup tabel dulu. Skripnya "SELECT * INTO TABEL-BACKUP FROM TABEL".
2. Pastikan setiap hari kita melakukan backup database kita. Jaga-jaga kalo kasusnya kaya ane nih.

Yang pasti, mesti hati-hati tiap tekan tombol F5(Run) atau kalo gak, ente yang dipotong gaji. ^_^

No comments:

Post a Comment