Thursday, October 28, 2010

Setting Modem Speedy Di Mikrotik

Untuk yang menginginkan  modem Speedy agar bisa ditambahkan ke dalam Mikrotik, caranya adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan modem speedy telah di seting menjadi mode bridging. Karena saat ditambahkan ke Mikrotik modem Speedy tidak akan melakukan dial-up lagi, tapi Mikrotik yang akan melakukan dial-up tersebut.
  2. Saat di menu awal Winbox, pilih PPP seperti gambar di bawah ini.
  3. Hingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik tanda ‘+’ (tambah) kemudian pilih PPP0E Client.
  4. Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, pada tab General kolom Name isikan sembarang. Terus untuk interface pilih port yang digunakan dari Speedy.
  5. Kemudian pada tab Dial Out, kolom Service isikan sembarang kolom User isikan user yang anda dapatkan dari pihak Speedy contoh : 1112222@telkom.net, selanjutnya pada kolom Profile pilih default terus centang kolom Add Default Route dan Add Per DNS. Kemudian klik apply hingga statusnya running dan connected. Bila sudah connected maka Add Per DNS bisa dihilangkan centangnya.
  6. Langkah berikutnya pada menu di sebelah kiri kita pilih IP hingga muncul tampilan di bawah ini. Pilih tab NAT dan double klik salah satu rule yang action-nya masquarade dan chain-nya src-nat.
  7. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pada kolom Out Interface pilih PPPoE Client yang sudah kita buat tadi. Lalu klik OK
  8. Langkah berikutnya kita masuk menu IP, pilih Routes.
  9. Pada daftar rule di Routes perhatikan 1 rule baru yang description-nya adalah nama PPP0E Client yang kita buat tadi muncul 1 address network dari Speedy kita. Catat Network tersebut terlebih dahulu.
  10. Selanjutnya tambahkan rule baru. Klik tanda ‘+’ (tambah). Seperti gambar di bawah ini.
  11. Lalu pada dst address biarkan default lalu pada gateway isikan address network yang sudah kita catat tadi. Untuk kolom lain bisa lihat gambar. Kemudian klik Apply dan OK.
  12. Maka kita sudah bisa akses internet dari modem Speedy melalui Mikrotik.
Alhamdulillah bisa posting ilmu lagi. Mohon kritikannya ya!!!

No comments:

Post a Comment