Friday, May 30, 2014

All About Hat

Sehubungan dengan postingan sebelumnya mengenai trend topi di USA, kali ini kita membahas semua tentang topi dari A sampai Z.

Definisi topi menurut wikipedia adalah, adalah suatu jenis penutup kepala. Penggunaan Topi dimaksudkan untuk beberapa alasan. Umumnya digunakan sebagai aksesoris pakaian. Dalam beberapa upacara seremonial dan keagamaan penggunaan topi dapat menjadi keharusan. Di dunia militer topi dapat menyatakan tingkat dan kepangkatan seorang pasukan.

Sedang sejarah topi, Salah satu penggambaran bergambar pertama dari topi muncul di Thebes yang terdapat di patung makam yang menunjukkan seorang pria yang mengenakan topi jerami bergaya seorang kuli. Topi pertama yang lainya adalah topi Pileus, topi tengkorak sederhana, topi Frigia, dikenakan oleh budak yang dibebaskan di Yunani dan Roma, dan Yunani Petasos , topi yang di gunakan wanita pada saat itu adalah cadar, kerchiefs, kerudung, topi dan wimples. St Clement pelindung pelindung santo merasa dirinya adalah pembuat topi , dikatakan olehnya telah menemukan wol saat dia mengisi sandalnya dengan serat rami untuk melindungi kakinya.topi terstruktur untuk wanita mirip dengan istana pria mulai dipakai di abad 16-an , Istilah 'topi' berasal dari kota Milan italia , di mana topi kualitas terbaik yang dibuat pada abad ke-18. Pembuatan Topi secara tradisional dilakukan oleh wanita, dengan tidak hanya menciptakan topi tetapi juga menghiasanya dengan renda,dan juga hiasan dan aksesori untuk melengkapi pakaian.

Pada paruh pertama abad ke-19, perempuan memakai topi yang secara bertahap menjadi lebih besar, dihiasi dengan pita, bunga, bulu dan trim kain kasa. Pada akhir abad, gaya lainnya diperkenalkan, di antaranya topi dengan brims lebar dan mahkota datar, pot bunga dan toque tersebut. Pada pertengahan 1920-an, ketika perempuan mulai memotong pendek rambut mereka , mereka memilih topi yang melindungi kepala mereka seperti helm.
Sejak awal abad 21, topi flamboyan telah berkembang pesat dan tercipta beberapa jenis topi, dengan gelombang baru milliners muda kompetitif merancang kreasi yang termasuk topi turban, Trompe-L'oeil efek merasa topi dan headpieces tinggi terbuat dari rambut manusia. Beberapa koleksi topi baru telah digambarkan sebagai "patung dpt dipakai." Banyak bintang pop, di antaranya Lady Gaga , membuat topi menjadi ciri khas dalam dirinya.

Beberapa jenis topi :
Topi Baseball
Topi Baseball
 Topi jenis ini mulai populer sejak awal abad ke-20 dan dipopulerkan oleh olahraga basebal.

Topi Baret
Topi Baret
Pemain game Point Blank pasti udah familiar sama jenis topi yg satu ini, apalagi klo udah nyampe level mayor.

Pada awalnya topi jenis ini dikenal sebagai topi nasional negara Prancis. Biasanya digunakan oleh para sutradara.


Topi Boater
Topi Boater
Topi jenis ini biasanya digunakan saat cuaca sedang hangat. Sering terlihat di jalanan saat musim panas. 

Topi Bowler

Topi Bowler
Topi jenis ini identik dengan seseorang yang elegan dan juga mapan gan, terutama di negara Inggris. Biasanya digunakan oleh orang-orang dengan jenis pekerjaan pengacara, pegawai bank atau kepala pelayan 

Topi Koboi
Topi Koboi
Klo yang ini di Indonesia juga populer banget gan. Topi jenis ini dipakai para koboi karena kemampuannya melindungi kepala dari sengatan panas dan derasnya hujan.

Topi Fedora 

Topi Fedora

Jenis topi ini populer karena kemampuannya melindungi kepala dari angin dan cuaca buruk. Topi jenis ini identik dengan para gangsters dan detektif.

Fez

Topi Fez
 Topi simbol relaksasi yang digunakan dalam tarian sufi dari Turki

Topi Gatsby
Topi Gatsby
Topi jenis ini populer banget pada abad 19 dan awal abad 20. Topi jenis ini paling sering digunakan oleh pegolf. 

Topi Sombrero

Topi Sombrero
Klo yang satu ini pasti udah pada tau juga kan, topi tradisional asal Meksiko. Tujuan awalnya adalah untung melindungi kepala dari panasnya cuaca di Meksiko. Tapi modis juga ya… 

Top Hat
Top Hat
Jenis topi ini awalnya dipopulerkan presiden Amerika Abraham Lincoln. Kalo saya sih lebih sering ngeliat topi ini dipake sama pesulap-pesulap. Pasti sering ngeliat kelinci disembunyikan di dalam topi ini saat acara sulap kan?

Itulah sekilas tentang topi, sisanya entar dulu ya, mau istirahat dulu. heuheu...

Sumber :
Wikipedia

No comments:

Post a Comment